Monday, September 6, 2010

Hello world...

Saya mempunyai ingatan yang sangat jelek. Seandainya saya mendapatkan suatu ide atau menemukan cara untuk melakukan sesuatu (programmatically) maka jika seminggu kemudian harus mengingatnya kembali atau mengulanginya kemungkinan besar sudah lupa. Untuk mengatasi masalah ini saya memulai blog ini, tempat mendokumentasikan ide-ide saya dan apa yang saya perbuat selama ini. Disamping itu juga, sebagai tempat untuk membagikan pengalaman saya dan mendapatkan masukkan dari orang-orang yang mempunyai minat sama dengan saya.

Rencananya isi blog ini seputar hal-hal teknis yang saya temui atau perlu lakukan dalam perjalanan studi atau karir saya. Tetapi ada rencana juga sebagai tempat untuk menguji beberapa tulisan/ide saya sebelum dijalankan atau dipublikasikan secara formal.


Minat Saya


Saya seorang programmer yang sedang menyelesaikan studinya. Minat saya adalah untuk meneliti dan mengembangkan sistem atau aplikasi yang bisa dipakai secara luas dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia terutama untuk membantu proses pembangunan negara saya ini. Istilah kerennya untuk field ini sih Information and Communication Technology for Development (ICTD atau ICT4D). Saat ini saya sedang memfokuskan pada pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis HP (handphone atau mobile phone) yang dapat membantu perkembangan ekonomi usaha kecil dan usaha mikro.


Saya juga mempunyai minat dalam bidang Human Computer Interaction (HCI) terutama bagaimana mengadaptasikannya untuk kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia. IMO, komponen utama usability itu adalah si pemakai sistem (user) sedangkan konsep-konsep yang ada saat ini masih berorientasi kepada kebiasaan-kebiasaan dan aspek-aspek budaya barat. Sebagai contoh: warna merah di barat berarti tanda bahaya sehingga halaman aplikasi yang mempunyai warna dominan merah akan memberi petunjuk kepada si user bahwa ada masalah. Tetapi untuk masyarakat Asia Timur warna merah justru warna untuk pesta pora, kemeriahan, dan kegembiraan sehingga user dari masyarakat ini belum tentu mempunyai rasa khawatir yang sama saat melihat halaman tersebut. Nah saya berminat untuk membumikan HCI untuk konteks Indonesia. Saya rasa ini penting saat ini mengingat sudah mulai menjamurnya aplikasi yang khusus dibangun dan menargetkan masyarakat Indonesia, terutama aplikasi berbasis web atau mobile.

1 comment:

  1. Pak Rahmad...salut juga ama idenya ini...Benar sekali pak...kadang2 ketika kita sedang melamum (mostly di WC untuk kasus saya) saya banyak sekali terpikir ide2 yang (sekali lagi menurut saya) sangat cemerlang dan applicable...tapi abis itu lenyap...damn!

    This stuff is a really good idea pak...totally appreciate it.

    Regards,

    Teman Jalan2 Pak Rahmad pas di Niagara Falls dulu...

    ReplyDelete