Saturday, May 12, 2012

Belajar Flask: Pengiriman Informasi

Disamping mampu memberikan informasi yang kita butuhkan, suatu aplikasi web juga harus mampu menerima informasi dari kita. Secara umum terdapat tiga cara untuk mengirimkan informasi ke suatu aplikasi web. Dua dari tiga cara ini akan memakai perintah GET (yaitu: query string dan URI) dan satu cara akan memakai perintah POST (yaitu: form). Sebenarnya sih ada beberapa cara lain yang memakai perintah-perintah HTTP lainnya tetapi kedua perintah ini yang paling sering dipakai.

Dalam beberapa tulisan berikut akan saya uraikan cara memakai ketiga cara ini di Flask. Tetapi sebelum memulai, perlu saya jelaskan sedikit tentang perintah HTTP GET dan POST.

GET merupakan perintah HTTP yang dikirimkan oleh browser ke web server saat anda mengklik suatu link. Perintah GET pada dasarnya adalah permintaan oleh browser ke server untuk mengambil (GET) suatu dokumen yang telah dimintakan oleh seorang user. Perintah GET ini juga bisa disertakan dengan parameter-parameter, misalnya: ambil dokumen versi PDF bukan HTML atau ubah warna tulisannya menjadi biru tua. Dalam konteks aplikasi web, GET dipergunakan untuk memerintahkan aplikasi web untuk melakukan sesuatu atau untuk menjalankan suatu fungsi. Sedangkan parameter dari perintah GET dipakai sebagai cara untuk mengirimkan parameter-parameter tertentu ke perintah atau fungsi yang hendak dijalankan.

Sedangkan POST merupakan perintah HTTP yang dikirimkan oleh browser ke web server saat anda mengisi dan mengirimkan sebuah form. Contoh form yang sudah pasti pernah anda kirim adalah form untuk login. Pada form login anda diminta mengisi username, mengisi password, dan menekan tombol login atau submit (=kirim). Pada saat anda menekan tombol ini maka browser akan mengambil semua informasi yang telah anda isikan dan mengirimkannya ke server dengan perintah HTTP POST. Dalam konteks aplikasi web, perintah POST juga dipergunakan untuk keperluan yang sama.

Kembali ke: Belajar Flask


No comments:

Post a Comment