Sunday, February 26, 2012

Django: Instalasi dan Konfigurasi

Apa itu Django

Django merupakan suatu framework untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berbasis web. Pembuatan suatu aplikasi yang berbasis web biasanya sangat kompleks dan memerlukan keahlian dan pengetahuan tentang berbagai aspek teknologi web, misalnya: harus mengerti HTML untuk bisa membuat halaman web, harus mengerti HTTP untuk bisa mengirim/menerima informasi di web, harus mengerti cara kerja web server untuk bisa menangani session/cookies/dll, harus mengerti database untuk bisa menyimpan data, dst. Untuk lebih memudahkan proses pengembangan aplikasi web maka hadirlah Application Framework, atau disingkat framework, yang pada dasarnya merupakan kerangka (=framework) agar si programmer bisa lebih mudah membuat aplikasi web. Django merupakan salah satu aplikasi framework yang dibuat dengan memakai bahasa pemrograman Python.

Instalasi

Karena Django dibuat dengan memakai Python maka bahasa pemrograman ini harus terlebih dahulu sudah terpasang pada komputer anda. Dalam tulisan ini, seperti biasa, saya memakai Ubuntu 11.10 dimana Python sudah ada dengan sendirinya.

Cara paling mudah untuk menginstalasi Django adalah dengan memakai pip yaitu suatu aplikasi yang mempermudah proses instalasi modul-modul di Python (untuk langkah-langka instalasi pip dapat dilihat disini). Instalasi Django dimulai dengan:
  1. Membuka terminal dan perintahkan pip untuk menginstalasi Django dengan mengetikan:
    sudo pip install django
  2. Uji instalasi dengan menjalankan Python di terminal dan ketikan perintah-perintah berikut:
    import django
    print django.VERSION
    
  3. Jika Django telah terinstalasi dengan benar, keluaran dari perintah di atas akan berupa versi dari Django yang telah terpasang. Versi terkini Django, saat penulisan blog ini, adalah 1.3.1 yang menghasilkan keluaran:
    (1, 3, 1, 'final', 0)
    
  4. Jika Django telah terinstalasi dengan baik maka keluar dari Python dengan mengetikkan perintah:
    quit()
    
  5. Agar bisa berjalan dengan baik Django membutuhkan suatu directory untuk menampung semua program yang nantinya akan anda buat, oleh karena itu langkah berikutnya adalah untuk membuat directory tersebut. Kalau directory tersebut saya beri nama app_django maka perintah-perintahnya di terminal akan berupa:
    mkdir app_django
    cd app_django
    
  6. Perhatikan, langkah terakhir akan membawa anda masuk ke dalam directory tersebut. 
  7. Perhatikan, semua aplikasi Django yang nantinya anda buat harus ditempatkan di dalam directory ini. Seandainya anda ingin membuat suatu aplikasi Django baru yang bernama aplikasiku maka di dalam directory app_django anda harus menjalankan perintah berikut:
    django-admin.py startproject aplikasiku
    
  8. Hasil dari menjalankan perintah di atas adalah, di dalam directory app_django, akan terbentuk subdirectory baru benama aplikasiku yang berisikan komponen-komponen dasar dari yang dibutuhkan aplikasi Django baru tersebut.
  9. Django memiliki web server tersendiri yang bisa kita gunakan untuk menguji apakah aplikasi Django baru kita ini telah terinisialisasi dengan baik dan benar, disamping tentunya untuk dipergunakan selama pengembangan aplikasi anda nantinya. Perintah untuk menjalankan web server di port 8000 adalah sebagai berikut:
    python aplikasiku/manage.py runserver 8000
    
  10. Perintah di atas dijalankan dari directory app_django yang menjalankan Python dan memintanya untuk mengeksekusi berkas manage.py yang berada di dalam subdirectory aplikasiku. Berkas manage.py bisa menerima beberapa perintah, dimana perintah untuk menjalankan web server-nya adalah runserver. Sedangkan 8000 adalah perintah ke web server tersebut agar mendengakan perintah HTTP di port 8000.
  11. Sekarang buka browser dan tuju ke alamat:
    http://localhost:8000
    
  12. Jika semua berhasil maka akan muncul halaman perdana dari web server Django.
  13. Untuk mengakhiri web server ini cukup menekan kombinasi tombol Control+C.

Menyambung ke MySQL

Agar Django bisa berinteraksi dengan MySQL maka Python memerlukan modul MySQL-Python dimana instalasi modul ini dapat dilakukan dengan cara:
  1. Membuka terminal dan menjalankan perintah berikut:
    sudo apt-get install python-mysqldb
    
  2. Untuk menguji apakah instalasi telah berjalan dengan benar maka jalankan Python di terminal dan ketikan perintah-perintah berikut:
    import _mysql
    db = _mysql.connect(host="localhost", 
                        user="userku", 
                        passwd="passku", 
                        db="dbku")
    db.query("show tables")
    print db.use_result().fetch_row()
    
  3. Serangkaian perintah di atas akan login ke database bernama dbku di server MySQL dengan memakai username userku dan password passku serta menampilkan semua table yang ada di dalam database tersebut.

Referensi


7 comments:

  1. nice share gan.. keep learning y.. salam.. :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ada webhosting yang langsung sediakan Django ada juga yang harus Install manual. Di hostingnya Indonesia kayaknya belum ada CMMIIW. Kalau di luar banyak, bisa lihat disini: https://code.djangoproject.com/wiki/DjangoFriendlyWebHosts

      Delete
  3. Nice share Pak.
    saya juga baru belajar django.
    boleh saya ambil referensi untuk say bagikan kepada teman2 di https://www.facebook.com/groups/739647266049228/

    ReplyDelete
  4. Usulan saya buat buku belajar sendiri membuat Web dengan Django . disertakan CD file pendukung seperti python terbaru, Django terbaru, download dan install (setuptools, pip, python-mysqldb ,dsb ).
    Trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx atas sarannya. Cuman waktu utk nulisnya ini. :(

      Delete