Thursday, November 24, 2011

Belajar Flask: Aplikasi Perdana

Mari kita membuat aplikasi perdana dengan Flask!

Telebih dahulu, untuk mengamankan lingkungan ngoprek, kita akan membuat directory khusus untuk belajar,  membuat lingkunan aman dengan virtual environment dalam directory ini, mengaktifkan lingkungan tersebut, dan instalasi Flask di dalam lingkungan baru ini (lihat disini untuk langkah-langkahnya).

Untuk program pertama, saya akan membuat aplikasi yang hanya akan menampilkan pesan berikut:
Apakabar dari Flask...
Untuk itu, pertama sekali kita akan membuat berkas yang bernama apakabar.py yang berisikan kode-kode berikut:
from flask import Flask
app = Flask(__name__)

@app.route('/')
def halamanApakabar():
    return "Apakabar dari Flask..."

app.run(debug=True, host="127.0.0.1", port=8080)
Mari kita lihat apa arti perintah-perintah ini:
  • Baris pertama bertujuan untuk memuat Flask ke dalam program kita agar bisa dipergunakan;
  • Baris kedua bertujuan untuk menginisialisasikan Flask dimana dalam proses ini Flask akan meminta kita untuk memberikan nama untuk aplikasi tersebut. Dalam contoh di atas untuk nama aplikasi saya memakai nama yang diberikan oleh python yaitu dengan mempergunakan variable global-nya Python __name__ (= nama dari modul yang bersangkutan, dalam hal ini apakabar). Tetapi ingat jika kita langsung menjalankan modul ini dan bukan memanggilnya dari modul lain maka __name__ akan berisikan __main__;
  • Baris keempat memetakan path / dengan fungsi halamanApakabar atau dengan kata lain jika ada permintaan untuk alamat / maka kita meminta Flask untuk memanggil fungsi halamanApakabar.
  • Baris kelima dan keenam hanya berupa deklarasi dari fungsi halamanApakabar yang hanya mencetak pesan yang saya inginkan.
  • Baris kedelapan merupakan perintah untuk menjalankan web server untuk aplikasi perdana ini yang berjalan di localhost dengan port 8080. Sedangkan parameter debug saya pakai untuk meminta Flask berjalan dalam mode debug dan jangan menyimpan (=cache) program kita dan selalu melihat jika ada versi terbaru disamping juga untuk menampilkan pesan kesalahan secara lengkap.
Untuk menjalankan aplikasi ini cukup dengan mengetikan perintah berikut di dalam terminal:
python apakabar.py
Sekarang buka browser dan tuju ke alamat:
http://127.0.0.1:8080
Maka halaman perdana kita akan muncul! Gampangnya bukan!? :D

Kembali ke: Belajar Flask


No comments:

Post a Comment